First blog post

This is your very first post. Click the Edit link to modify or delete it, or start a new post. If you like, use this post to tell readers why you started this blog and what you plan to do with it.

post

Ini adalah blog pertama ku,,aq baru belajar hanya sekedar mengisi waktu karna ica sekarang sudah mulai sekolah,dan aq tidak memiliki kegiatan selain profesi ibu rt(rumah tangga)πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Aq akan berbagi cerita tentang pengalaman keluaraga ku saat liburan di malang,meski dengan duit pas-pasan,maklum lah suamiku hanya bekerja sebagai buruh pabrik dengan gaji di bawah umr,tapi karna menjelang tahun baru suamiku libur selama 3 hari,jadi aq browsing sana sini untuk menikmati liburan,setelah berunding sedikit bertengkar dan memaksa akhir nya suaimiku setuju untuk pergi ke malang…

Tgl 29-12-2016 

Aq bangun pagi jam 4 pagi,menyiap kan bekal untuk di bawa, dari mulai pakaian,makanan,minuman, aq masak nasi untuk sarapan dan juga bekal nanti nya,dari mulai ayam goreng,mie goreng,tahu telur,tak lupa sambel terasi pedas,jam 6 pagi semua sudah siap makanan udah di packing di mika karna sekali pakai buang biar hemat tempat,

kami berangkat dari sidoarjo jam 07.00 pagi perjalanan yang begitu panjang..dari sidoarjo ke pasuruan lalu lintas lancar tapi begitu sampai  di daerah pasuruan berakhir menuju lawang macet pun dimulai,, kami memang hanya berbekal nekat dan tekat untuk menghabiskan waktu di malang,karna memang tidak tau jalan sama sekali😭😭😭 menyedihkan bukan,,sebenarnya ada perasaan takut nyasar, tapi untung gps nya mbah google lagi bersahabat banget,dan kami pun memasuki kawasan malang jam 10 pagi,meski tidak istirahat sama sekali karna “ica” putri kecil q tidur sepanjang jalan karna malam harinya bangun untuk menanyakan”jam berapa sekarang?”

Pukul 11.15 kami sampai di “anne guest and villa”aq pesan 1 kamar disana,awalnya ragu2 ingin cari yang murah villa yang ditawarin tukang ojek pinggir jalan,tapi aq khawatir ica melihat “hal seperti itu??” Jadi aq browsing sana sini untuk cari penginapan,,dengan harga murah sedikit agak mahal 140rb per malam.

erencananya tidur sebentar baru dilanjutkan jalan2,tapi ica liat tempat nya luas,ada prosotan dan ayunan gak mau diem langsung aja,,suamiku langsung tidur karna capek naik motor hampir 4 jam gak berhenti,

Jam 2 siang,kita mulai jalan2 di kota malang

Kita menghabiskan waktu di selecta,harga tiket nya 25rbΓ—3 masuknya 75rb tapi lupa sudah termasuk parkir atau belum,,disini kalo mau menikmati permainan harus bayar lagi,,ada kolam renang,sepeda air,sepeda udara,fliying fox,kora2, tapi ica hanya ingin naik kuda.Sebenarnya takut kalo main yang lain2 karna dia masih 3 tahun. Menikamati pemandangan berbagia macam bunga warna-warni, begitu indah nya…

Puas jalan2 selecta kami keluar pukul 16.00 kami keluar dari selecta menuju  BNS  tapi kita mampir makan mie ayam dulu,, di pintu keluar selecta sambil menghilangkan kantuk dengan segelas kopi hitam berdua dengan suami,,(ngirit apa romantis)πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Kami sampai di BNS pukul 18.00 beli tiket untuk 3 orang karna ica tinggi nya sudah 90cm.maaf lupa harga tiketnya berapa, awalnya ica begitu antusias di BNS tapi baru berjalan kita disambut dengan berbagai macam hantu,membuat ica begitu ketakutan dan minta pulang,,tapi untuk menghibur aq mengajak nya ke lampion garden..disini kita harus beli tiket lagi untuk masuk lampion garden 25rbΓ—3 “ha….lagi”kata suamiku agak kecewa

Ica berlarian kesana kemari dan gak mau pulang,,setelah aq tanya ternyata dia takut dengan hantu2 yang ada dijalan masuk tadi,setelah dibujuk akhirnya mau pindah tempat ke sir kuit balap,tapi kami hanya menyaksikan para pengunjung lain naik bombomcars,sebenarnya disini banyak sekali arena bermain untuk anak tapi berhubung uang yang pas pasan akhirnya ya cuma ke lampion garden saja…

udara mulai terasa dingin banget jam 20.00 kita keluar dari BNS ternyata jalan pulang berbeda melewati pasar wisata oleh2,aq beli sepasang kaos pasangan dengan suami seharga 70rb,dan ica mulai lupa dengan hantu yang dilihat nya,tapi waktu di parkiran motor ada pocong dan mulailah menangis dengan kerasnya….hmmm,,malamnya di villa ica gak bisa tidur karna takut dan juga capek berlarian seharian..

Iklan

watak seseorang….

Sayangku…Kinayra Erlyca….

Mama akan bercerita sedikit tentang watak…. watak adalah sifat bawaan seseorang…watak itu merupakan cermin kepribadian seseorang..nilai seseorang itu dari terletak pada watak yang dimiliki.

Anak ku sayang…di kehidupan mu kelak,,kau akan menemui berbagai sifat seseorang…ada seseorang itu bersikap sombong dan angkuh,ada pula yang pendiam dan pemalu,ada pula yang berani dan juga ceria….

Terkadang dalam memilih teman,,kita akan mengalami kesulitan bergaul itu merupakan hal biasa nak dalam kehidupan…kuncinya adalah satu jangan meminta seseorang menjadi seperti apa yang kau harapkan tapi jadilah seseorang teman yang tidak memilih dan memihak….

Berteman lah dengan siapapun agar kamu tahu mana yang baik dan yang tidak baik untuk mu….

Dulu jaman mama sekolah…mama memiliki banyak sekali teman,tapi mama cuma memiliki beberapa sahabat sejati….apakah kamu tahu nak apa beda teman dan sahabat???

Teman adalah semua orang yang kita kenal,dan kita anggap memiliki pandangan dan pola pikir yang sama,bahkan orang yang baru kamu kenal pun bisa kamu sebut sebagai teman..tapi teman itu tidak mempengaruhi kita karna sejatinya kita tidak mengenal nya jauh lebih dalam…

Sahabat adalah seorang teman yang menangis dan tertawa bersama kita, disituasi apapun dia akan terus bersama dengan kita,didalam persahabatan itu pasti akan mengalami berbagai macam jenis ujian..dari salah paham,pertengkaran2 kecil tapi persahabatan tidak akan mudah berlalu nak….dan secara tidak langsung sahabat itu akan mempengaruhi hidup mu…

Pilihlah seorang sahabat yang mampu mengubah mu menjadi lebih baik lagi nak…mama memberi mu izin untuk berteman dengan siapapun tapi ingatlah ada batas2 tertentu yang tidak boleh kau langgar nak…

Teman itu ada yang baik dan ada pula yang buruk,,,teman yang baik akan mengajari mu dan membawa mu ketempat yang jauh lebih baik…pun begitu sebalik nya…

Terkadang kamu tidak perlu memiliki begitu banyak teman…cukup milikilah teman yang selaligus menjadi sahabat mu…yang mampu kau percaya,yang mampu berbagi di segala situasi…😁😁😁😁😁

Sedihku…

Ya allah…

Orangtua macam apakah beliau….???ibu seperti apakah beliau? Kenapa seperti ini….

Aku bukan iri dengan hari,,,,tapi ya allah kenapa seperti ini,, inu slalu berkata aku sayang dua anak ku tanpa beda tapi nyatanya…?? Perhatian??sayang seperti apa yang ditunjuk kan..??

Uang bukan lah segalanya….aku tau itu…aku tahu kalau aku pun mampu untuk betjuang seorang diri disini…aku tahu suamiku kuat menghidupi kami sekeluarga… 

Liatlah kami ibu??lihatlah betapa susahnya kami??lihatlah kekurangan kami??lihatlah ekonomi kami yang terpuruk… kami merintis kehidupan kami dari nol,,aq tau rumah ini kamu yang dirikan untukkami tinggali, tapi kami susah payah sendiri untuk membuatnya begitu nyaman….

Kamu selalu menjanjikan ini dan itu,,tapi aq tak pernah menagih nya… untuk ku,untuk anak ku,bahkan untuk rumahku… aku tahu kami bukan lah prooritas utama mu…. hanya hari yang kau utamakan dalam hidup mu…

Bayangkan saja…saat genteng rumah ku bocor…kamu mampu membelikan hari motor vespa,,sedangkan untuk membeli kayu rumah ku tak kunjung kau laksanakan..kau berikan segala yang terbaik untuk satu anak mu itu,tapi bagaimana dengan yang lain nya…??

Inilah tangis ku ibu…betapa buruk nya engkau dimataku??sampai kapan kau sia2kan suamiku??sampai kapan kau manjakan anak mu itu dan menelantarkan kami??

Rumah kami yang begitu buruknya kau hanya diam dan melihat…saat hari menginginkan istana kau dirikan untuknya… aku tak memintamu berikan harta mu untuk kami,,tapi lihatlah keaadan ekonomi kami… aku do akan yang terbaik untuk adik ku itu….

Semoga kelak ia mampu mengangkat derajat mu…

lelahku

Perasaan lelah mulai menghantui ku,,rasa jenuh,rasa bosan pun mulai datang menghampiri..terselip niatan untuk pergi menjauh dari semua ini, bahkan ada niatan untuk mengakhiri semua…

Perpisahan,perceraian???haruskah itu terjadi??mampukah aku bertahan hidup dengan mu,mampukah aku bernafas jika tak bersama mu… sayangku aku lelah bukan dengan mu,tapi aku lelah dengan semua keadaan ini,  aku lelah dengan pandangan orang lain,sayang ku haruskah aku pergi dan tak kembali,

Aku bertahan disini hanya untuk mu,hanya kamu dan kamu….

Dulu saat pertama kali aku pergi karna perkataan kasar ibu mu,aku memutuskan tak akan kembali lagi ke rumah mu lagi,aku tak ingin bertemu lagi dengan ibu mu,karna aku  tak bisa bernafas ketika melihat ibu mu, aku lelah mendengar semua umpatan nya,aku lelah mendengar hinaan nya…

“Anak nangis gak diurusin,meninggal” kata2 itu terus terngiang di telinga, sampai sekarang aku tak bisa melupakan itu,Apakah kamu tau sayangku kalau aq tertekan disini,apakah kau tau aku tidak tahan dengan semua ini, semua orang menuntut ku untuk ini dan itu termasuk kamu pun begitu… pernakah kau sadari aku juga tersiksa dengan keadaan ini,aku juga tak mau seperti ini,aku ingin hidup tenang dan damai, aku ingin hidup layak nya keluarga yang sempurna…

Awalnya ibu mu yang menuntut hak nya sebagai seorang nenek,tapi dia tak pernah menyadari sebelum menuntut hak seorang nenek mampukah ia menjadi ibu yang baik..?jika kamu jadi aku apakah kamu akan memberikan anak mu padanya??

Aku terluka dengan setiap perkataan nya,aku terluka dengan hinaaan nya… aku terluka dengan perbuatan lalainya pada anak ku…

Dulu ia pernah berkata didepan ku di depan banyak orang bahwa ia tak mau menggendong anak mu,dia merasa lelah,sakit saat menggendong cucunya,apakah itu pantas diucapkan di depan menantu?setiap melihat anak ku dia berkata “ica nakal” hatiku sakit karna beliau tak pernah mengurus mu hanya melihat mu lantas dengan mudah mengatakan pada semua orang bahwa anak ku nakal,,sesungguh nya aku tau anak q, dia bukan lah nakal tapi dia memang memiliki rasa ingin tau yang tinggi,imajisasi nya tinggi,kemampuan nya pun diatas teman sebaya nya..

Semua orang ngejudge aku begini dan begitu,bahkan adik mu sendiri mengatakan bahwa aku ini jahat…tak berperasaan…orangtua mu tutup mata dengan trauma yang mereka berikan tapi menginginkan aku berikan anak ku untuk diasuh nya,,hal seperti apa yang bisa aku percayakan pada mereka..?

Tahukah kamu betapa sesak nafas ku ini?tahukah kamu betapa sakit hatiku, tahukan kamu aku tak dapat bergerak bebas,aku ini bukan tahanan, aku juga bukan seorang pembantu,yang bisa dengan mudah di suruh untuk memenuhi apa yang kau inginkan…

Seperti apa sih trauma itu??itu yang kau tanyakan….!!!apa kau tau aku harus berjuaang seorang diri mengatasi trauma akan wajah ibu mu,, aku bahkan tak mampu melihat wajahnya,jangan kan wajahnya saat mendengar suaranya membuat nafas ku begitu sesak,, jatung ku tak hentinya2 berdemyut dengan cepat,membuat dadaku merasa sakit saat melihat ibu mu..Ibu mu memiliki jutaan pertanyaan akan sikap ku,tapi tak pernah mau menanyakan nya padaku, disini aku akan mengatakan semuanya.

  • Kenapa aku tak boleh mengurus ica?karena ibu mu tak mampu menjaga ica,dia sendiri yang mengeluh akan tingkah ica,ia sendiri yang berkata bahwa tak mampu mengurus ica,ia sendiri yang mengatakan untuk menjaga dengan baik tapi saat ia menjaga ica dada ica baret,bahkan pernah memasukkan jari ke mulut ica,dan ica menangis ketakutan.apakah aku mampu mempercayainya??
  • Kenapa aku tak boleh memberinya uang?karena ibumu memberikan sebotol susus lantas menanyakan susu itu,dan membuat pertengkan diantara kita,maka dari itu aku tak ingin ibu mu berikan apapun untuk ica,apalagi uang,berikan lah sesuatu yang bermanfaaat
  • Kenapa aku menerima susu dari hari tidak dari ibumu?semua itu bukanlah seperti itu,ica memang bisa minum susu coklat tidak dengan stoberi,dia pun tak bisa minum dengan jumlah yang banyak,ia akan muntah ketika minum susu dalam keadaan kenyang, apakah kau tau ibu mu didepan ku menghujatku kepada adikmu?pakah kau tau betapa sakitnya aku??
  • Kenapa aku menjauhkan ica darinya?karena perkataan kasarnya membuatku benar terluka,bahkan memberi trauma untuk menatap wajahnya pun aku tak mampu,dia pun pernah dengan tidak sengaja mengajarkan anak ku kata2 kurang pantas,dan itu benar2 membuat ku semakin menjauhkan nya…

Samapai kapan begini?sampai ibu mu tau bagaimana bersikap dan berkata dengan baik,   

Apakah kau tau aku sendiri juga lelah dengan semua ini,dimana aku harus berjuang mengatasi rasa sakit ku,aku berjuang untuk tak menyakiti ibu mu dengan kata2 kasar ku,aku berjuang untuk menahan dan menyimpan sakit ini di dalam hati,semua perkataan semua orang aku simpan dalam hati,, semua orang tak pernah tau apa yang membuat ku benar2 terluka,orang hanya tau dan berkata aku jahat tak berperi kemanusiaan tapi orang tidak pernah tau betapa aku tertekan selama ini…

Sayangku,andai bunuh diri itu bukan merupakan dosa besar… mungkin aku sudah melakukannya,dan mungkin kini aku telah mati… tapi sekali lgi yang aku ingat itu hanya kamu,kamu dan kamu…

Bagaimana jika nanti aku meninggal,mampukah kamu hidup dengan baik, mampukah kamu merwat anak kita,lalu bagaimanakah dengan nasib ica? Apakah ia mampu hidup dengan rasa trauma mama yang meninggal akibat bunuh diri,apakah ia mampu bertahan dengan luka hianaan orang lain akibat ulah ibunya….?

Dulu aku pernah berkata padamu,aku ingin meninggal lebih dulu agar aku tak menikah lagi selain dengan mu,bahkan aku pun mengatakan padamu untuk menikah lagi jika aku mati nanti…tahukah kamu dalam setiap kataku aku ingin menyampaikan bahwa aku terluka dan aku ingin bunuh diri kala itu…


Hari pertama kali sekolah….

17 juli 2017

Ini adalah awal pendidikan mu nak…usia mu kala itu 4 tahun..

Suasana begitu riuh redam…banyak teman2 kamu yang histeris…  tapi karna anak mama anak yang berani dan hebat… jadi gak nanges… tapi mama yang gak tega ninggalin kamu…jadi mama tungguin kamu di luar kelas…

Ini kegiatan mama bersama teman2 mama…mama nya temen2 mbk ica… dari berbagai status ekonomi berkumpul jadi satu… begitu menyenangkan berbagi dan berkumpul menghabiskan waktu bersama teman….

Semakin hari kamu sekolah semakin pinter… kamu mulai semangat belajar…mulai menyanyikan lagu yang di ajari disekolah

Setiap hari jum’at mbk ica senam dan belajar sholat…. hari itu pulang sekolah ada pameran buku…mama belikan 3 buku dan mbk ica belajar mewarnai dengan penuh semangat….mama bangga dengan mbk ica…

Love you….mama sayang ica…you are my everything…..

Ekowisata mangrove surabaya

14 juli 2017

Awalnya lokasi yang dituju adalah ekowisata hutan mangrove… tapi entah mengapa mbah google lagi tidak bersahabat,perjalanan kali ini harus berputar-putar untuk mencari tujuan,perjalanan dari sidoarjo pukul 09.00 pagi dan sampai di wonorejo,rungkut surabaya pukul 10.30 saat mencari lokasi hutan mangrove muter2 di kelurahan 2 kali puter2 akhirnya kembali ke kebun bibit wonorejo untuk istirahat sejenak…

Ica,,oh ica….turun dari motor langsung aja loncat kesana kemari… ada aja yang ditanyain dan pengen dicoba,,,,

Kebun bibit ini luas banget…lebih luas daripada abhirama tempat biasanya ica main,di samping pintu masuk sudah disambut area outbond,area playground ada di hampir setiap sudut,tempat duduk juga tersedia banyak,tempatnya lumayan bersih…fasilitas nya juga lengkap ada musholah dan juga toilet,hari ini disini sedang ada camping pramuka di seberang danau,banyak tenda yang didirikan dan juga ramai pengunjung dari sekolah tk..ada juga beberapa flora,ada hewan rusa,angsa,dan ayam…

Lepas dari kebun bibit kita berangkat lagi mencari hutan mangrove… tapi karna bapak nanti malam kerja sift malam,ganti mama yang nyetir motor…bertanya beberapa kali ke penduduk lokal lalu dengan papan penunjuk jalan kita nekat saja mencari…awalnya yang diikuti adalah ekowisata hutan mangrove tapi malah mengarah ke perumahan,lalu kita akan pulang dan menyerah tapi sebelum pulang mama masih penasaran akhirnya terlihat papan penunjuk jalan ke arah dermaga…dan akhirnya sampailah kita.,,

Ini adalah tempat yang dicari2…hutan mangrove….

Mama tau tempat ini karna tayangan di mnctv yang pernah jalan2 kesini,, lokasinya penuh dengan tanaman mangrove,tapi sayang ada bau2 aneh.. entah karna pertukaran air laut atau apa membuat nya agak berbau…

Sebenarnya agak kecewa juga kemari,karna tak dapat melihat hewan disini,,hanya ada anak ikan bandeng,ikan mujaer,dan juga nyambek.. ica kurang begitu suka kemari,hanya heboh di luar karna pengen duduk dijoglo,tapi aq penasaran banget jadi langsung aja masuk lewat jembatan kayu,,sepanjang jalan kita ambil foto tapi ica takut sama lantai kayu karna ada sela takut jatuh katanya,,

Lokasi ini sering dijadikan fotoprawedding,bahkan ada yang foto keluarga saat kita berkunjung kemari ada beberapa orang yang sibuk difoto sama fotografer,,main kemari lumayan lelah juga karna lokasinya jauh,dan harus nyasar berkali-kali untuk sampai disini,dan harus korban kacamata ica hilang dibuang dijalan….😭😭😭😭😭

liburan sederhana…

10 juli 2017
Liburan di malang kali ini begitu sederhana,karena rencana awal adalah kondangan ke rumah mami yaya di polehan tapi karena mumpung lagi di malang,mama mengajak mu ke kampung warna warni(jodipan) tapi malah ke kampung tridi sebelah nya,bapak gak mau di ajak bergeser ke kampung warna warninya katanya sama aja…πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Memang sebenarnya tak ada yang berbeda jauh karena latar belakangnya tetap kampung biasa yang tembok nya dicat warna-warni tapi kampung ini memiliki berbagai lukisan mural disetiap tembok rumah warga yang berbeda-beda,masuk nya hanya kena parkir 8rb bonus 2 gantungan kunci..kita hanya perlu berjalan di setiap gang rumah warga dan mencari lokasi foto gambar apa yang diinginkan,sebenarnya banyak sekali tapi seperti biasa kamu takut…mau di foto jika mood kamu baik dan menyukai gambarnya…dan bapak juga gak mau difoto karna malu…

Balai kota malang…ikon kota malang…mama dulu belum pernah sama sekali foto disini,,selama 4 bulan mama disana tapi belum pernah sekalipun foto disini…karena ini adalah bundaran jadi tidak boleh parkir motor,bapak jadi harus nungguin motor disebrang jalan,,mampir cuma buat foto..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† mama kira ini seperti alun2 yang memiliki area parkir tapi ternyata jalanan utama…

Pukul 13.00 kita meninggalkan kota malang…meski badan lelah…kaki kesemutan..pantat rasanya panas karena seharian duduk dimotor,, kamu tetep aja minta jalan2,awalnya kamu minta ke rumah kelinci yang ada di batu,tapi karna jauh banget…akhirnya kamu ketiduran di motor dan mama mengalihkan perhatian mu,,mama mengajak ke giant sidoarjo…jam 16.00 sampai sidoarjo main game cariin teman moli ternyata bapak gagal… dan kamu menangis….mama membujuk mu dengan segelas es krim… dengan centilnya kamu tetap tersenyum meski beberapa menit yang lalu menangis karna moli gak punya temen…. 😭😭😭😭 perjalanan seharian pun berakhir jam 17.00 sampai dirumah…bener2 seharian….

karena mama…

Karena mama pecinta film korea…entah kenapa membuat mama begitu mencintai segala hal yang berhubungan dengan film itu.. secara tidak langung membuat mama mendandanimu serupa dengan film itu,, dengan centilmu bergaya sendiri seperti dalam pikiran mama..beginilah pakaian ala-ala artis korea di jaman mama…πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Ica sayang… inilah kamu saat usia mu 4 tahun… mama dan bapak akan mengajak mu ke malang… kita akan kondangan di rumah ibu kos mama yang dahulu mama dirawat selama 4 bulan,mama diperlakukan dengan sangat baik seperti halnya keluarga mama sendiri itu membuat mama merasa punya ikatan tersendiri dengan mami…

Ini adalah potret mama 10tahun sesudah loss contact dengan semua orang..dan baru ketemu beberapa bulan sebelum mami mantu, jadi hari itu sempet gak sempet bisa gak bisa kita berkumpul walau hanya sejenak… sambutan yang masih begitu hangat dari orang sekeliling meski mama tak lagi tinggal disana,pak kom,budhe,pakdhe,mbah,mami,pak cep semua orang masih mengingat kami ber4(mama,tante win,tante brian,tante ika)..tapi sayang kita gak bisa bertemu ika,dia juga teman mama yang menikah dengan sodara tante brian bekerja di sidoarjo,dan kita gak sempet ketemu dengan dia…

Lamaran om hari…

Tgl 2 juli 2017

Hari lamaran om hari pada tante mifta…segala hal sudah disipakan dari jauh2 hari,

Semua hantaran yang akan dibawa ke rumah tante mifta,semua nya serba meriah,begitu pula dirimah tante mifta sambutan yang begitu hangat,, makanan yg beragam (prasmanan) camilan nya pun menunjuk kan pengalaman seseorang dalam mengelola acara dengan baik…

Semuanya begitu indah malam itu nak…semoga kelak kau dapatkan yang jauh lebih indah lagi,,dalam lamaran itu om hari memberikan kalung dan cincin emas….

Dan cita2 mama sudah kesampaian,membuat acara lamaran yang jauh lebih indah dibanding saat prosesi lamaran mama dulu yang semua serba sederhana, memang sudah menjadi rejeki bagi om hari dapatkan hal yang indah di hidupnya tanpa harus berjuang terlebih dulu…dan memang benar rejeki orang itu masing2…. mungkin mama tak dapatkan semua itu karna dihari itu keadaan masih sangat sederhana dan lagi tak ada yg berpengalaman…dan mama berjuang dari nol bersama bapak dengan setiap tetes air mata membuat kenangan manis di hidup mama,,,segala yang didapat adalah perjuangan mama dan bapak namun tak lepas dari hadiah mbah…

Rumah tangga

Kisah yang begitu bersejarah…

Awal kehidupan seorang wanita adalah ketika ijab kabul sepasang suami istri dinyatakan sah,,dari sana semuanya bermula…

Sayangku,,mama punya satu kisah tentang hidup mama yang kurang kasih sayang,mertua mama adalah seorang yang over protektif… setiap hal yang mama lakukan selalu di awasi,selalu dikomentari, semua itu bertolak belakang dengan mbah saroh.mbah saroh memang tidak pernah menunjuk kan kasih sayang nya,,tapi dibalik sikap dingin dan diam nya mbah saroh beliau begitu memperhatikan kebutuhan mama,selalu menanyakan kabar kamu,,dan beliau menyayangimu….

SEPERTI ini lah nak gambaran kehidupan nak… tak selamanya orang yang seperti tak memperhatikan mu tapi begitu menyayangimu.

Dan al kisah,,semua sumber permaslahan dimulai karna ucapan yg kasar dan salah dalam penyampaian membuat hubungan mama dan mertua jadi kurang baik…

Saat kamu bayi segala hal yg mama lakukan selalu dikomen,dari baju yg mama pakai kan,cara mama merawat,berbagai hal kecil selalu di sorot membuat mama benar2 tidak nyaman,, suatu ketika beliau menggendong mu tapi setelah beberapa saat dia mengeluh….pundak nya sakit dan tidak kuat untuk menggendong mu.mulai hari itu mama sepenuh nya yang mengasuh mu,hanya sesekali menitip kan mu pada mbah putri karna takut merepotkan.mbah kung pun sama pernah sekali waktu ada acara di rumah kita teman2 makan2 dirumah dan mama yg masak,dan kamu mama titip ke mbah untuk diajak jalan2 naik stolerr tapi mbah kung berkata “capek momong ica” sejak saat itu mama gak pernah nitipin kamu lagi ke mbah…setiap hal pasti mama lakukan bersama mu masak kamu selalu ada di samping mama,kalo cuci baju kadang kamu ikut sambil main air,setiap pekerjaan rumah kita selalu bersama…

Ini adalah pelajaran hidup nak,,bahwa kata2 yg kasar dan penyampaian yg kurang tepat membuat segalanya hancur… mbah memang lah orang tua yg harus dihormati,,mama masih menghormati sebagai orangtua bapak tapi mama tidak bisa melupakan berbagai kata2 kasar yg dilontarkan mbah mu,,,,

Diawal semua nya tak terlihat karna pada dasarnya mbah adalah sosok yg perhatian,tapi over protektif pada anak2nya.beliau tak mampu menempatkan diri dengan baik,,kadang maksudnya bercanda tapi tidak sadar melukai perasaan seseorang…sifatnya yg hanya mau didengar dan tak mau mendengar membuat semuanya semakin buruk… 

Setaun pernikahan mama dan bapak hubungan kami baik2 saja,kata2 kasar mbah tak pernah mama ambil hati,setiap hal yg dikomentari mama hanya diam,mbah selalu berkata masakan mama tidak enak,cuci baju gak bersih,pernah waktu bapak makan mbah kerumah kemudian marah2 dan berkata”anak ku jangan dikasih makan pakai piring jelek” bahkan barang2 yg diberikan mbah saroh pun tak luput dari hinaan mbah… “jangan bawa barang rongsokan…” padahal kursi,tempat piring,dispenser,kompor pun baru,memang ada yg bekas meja jati dan lemari jati namun itu sudah disulap menjadi baru lagi,sudah diplitur meski tak baru tapi masih bagus karna dari kayu jati.

Saat usia kandungan mama 7bulan mama ingin ke jombang untuk sekedar pulang dan mengambil perlengkapan bayi awalnya mama ingin melahirkan dijombang karna mama tau kalo disini akan repot dan ini adalah kelahiran awal sehingga mama masih belum punya pengalaman, tapi lagi2 mbah tak mengijinkan,,dan mama pun menurut untuk bapak mu.mama merasa kasian dengan bapak jika harus berpisah sesaat karna bapak tak lagi suka dengan masakan mbah yg gak jelas rasanya bumbu yg ngawur membuat masakan nya aneh menurut mama….dari awal mama memang tak pernah mau masakan mbah..

Dan saat kamu lahir mama mengalami baby blus…mama takut jika kamu disentuh orang lain..kamu hanya milik mama…kadang mama menitipkan mu pada mbah tapi hanya sesaat karna mbah mu saat mama mengandung selalu berkata “aq gak mau gendong cucuku,biar ibunya sendiri”selalu begitu didepan mama dan didepan orang lain,dan saat kamu lahir,beliau teobsesi dengan kamu setiap hal yg mama lakukan pasti dikomentari,cuci bajunya yg bersih,jangan pakaikan legging,maunya kamu terus digendong gak boleh di taruh di kasur meski tidur tetap harus digendong..tapi mama tak menghiraukan mama hanya diam dan mama terus melakukan apa yg menurut mama benar,dulu waktu umur 2 bulan mama mengajak kamu ke jombang tapi dilarang oleh mbah tapi entah kenapa bapak yang mengajak ke jombang dan kita pun bertiga berangkat ke jombang naik motor,dari situ kamu jadi benar2 kebal meski perjalanan jauh dan panjang tapi kamu tak pernah rewel…

Hampir tiap hari  mbah ngedumel dibelakang mama,dan mama selalu tau dan mendengar berbagai kata2 kasar dari mbah,,mama hanya bertahan demi bapak,pernah sekali waktu mama menitipkan mu pada mbah tapi mbah berkata,”pundak q sakit gendong ica” akhirnya mama tak lagi menitipkan mu,saat mama benar2 kepepet mama menitipkan mu lagi pada mbah hanya 30menit dan lagi2 mbah berkata dengan kasar”sial#n orangtua disuruh ngejar kucing” masya allah itu membuat mama benar2 kecewa,dan semenjak saat itu mama tak pernah lagi menitipkan mu pada mbah2,kemana kamu pergi selalu sama mama,

Saat usia mu setaun,mbah mu menangis pada om dan cerita pada om bahwa mama berlaku tidak baik pada mbah,mama mendengar semua mama marah namun mama hanya diam dan tidak memberi penjelasan kenapa mama begitu.mama tidak cerita betapa sakitnya hati mama..

Kamu mungkin tidak mengingat semua hal kejadian dimasa kecil mu,saat kamu digigit nyamuk mbah slalu marah2,tapi dia sendiri tidak bisa menjaga mu,pernah waktu main dada mu kena pinggiran meja sampai baret,dan saat kamu main dengan kaca sambil melet2 reaksinya begitu berlebihan mbah langsung memasuk kan jarinya ke mulut mu,, dan kamu pun langsung menjerit..mbah melakukan itu dihadapan om,mama,dan bapak….semua hal yg sudah dilakukan mbah membuat mama tidak mempercayakan mu pada mbah,,mama sendiri yg akan merawat mu itulah keputusan mama…

Saat usia mu 1.5 tahun kamu mulai rewel,hampir setiap malam kamu menangis karna ada seseorang yg menggagumu,dan itu membuat mu begitu ketakutan sepanjang hari setiap kau tidur siang atau malam kamu pasti menangis,dan saat mama menolong kamu pun gak bisa melihat mama,mama kamu tendang,kamu pukul.. dan akhirnya mama membawa mu ke paranormal dan mama tidak mengerti dengan keadaan mu, tidak apa2 begitu kata yai budi akhirnya mama membawa mu ke jombang disana kamu disapih karna tak mau lagi nenen,dan saat itulah mama baru tahu kalo ada orang yg mengikuti mu..

Saat mama berusaha mencarikan obat buat mu lagi2 mbah mu berkata hal2 yg menyakitkan,saat kamu nanges pintu rumah diketok dengan begitu kasar dan berkata bahwa mama tidak menghiraukan mu dan membuat mu mati karna tangis mu….tubuh mama langsung lemas mendengar ucapan mbah mu,,tangis mama tak lagi terbendung..1hari mama tidak mau keluar rumah,mama tidak mau bertemu dengan mbah…

Seminggu mama masih terus menangis..dan minta pada bapak untuk mengantar ke jombang dengan alasan mbah jombang akan selamatan,,mama akhirnya diantar ke jombang..mama tidak mau diajak pulang hampir 2 minggu disana,setiap hari  bapak menanyakan kapan pulang…tapi mama masih menolak karna mama masih terluka,benar2 sakit kala itu. 

Akhirnya bapak menjemput mama dan orangtua mama mengajak ngobrol bapak dan memberitahukan keadaan mama dan keadaan mu,lantas membuka mata bapak..saat itu mama memutuskan tak akan pulang ke sidoarjo lagi tapi karna cinta mama pada bapak membuat mama mengalah dan ikut ke sidoarjo tapi tidak membuat hubungan baik dengan mbah,,mama trauma..bahkan mama tidak dapat melihat wajah mbah,, mama selalu sesak melihat mbah,,mama benar2 depresi dengan tekanan hidup,,mama harus melawan trauma mama,mama harus berjuang mengatasi ketakutan mu,dalam tekanan itu mama memang tak lagi digedor oleh mbah tapi mbah mu tetep lah seperti itu,,selalu mengumpat dibalik tirai mama,selalu mengatakan hal2 buruk mengenai mama pada om..dan saat om mulai menyelidik mama,mama tak lagi dapat membendung nya,keluarlah segala hal yg selama ini mama simpan… dihadapan bapak mu mama mengungkapkan semua nya,, 

Om saat itu meminta mama untuk memberikan mu pada mbah… dan mama tak mengiyakan atau menolak,mama memberitahukan semua kisah mama pada om,,sebelum menuntut mama “lihatlah dulu keadaan ku”apakah kamu tahu setiap tangis ku,apakah kamu tahu aq itu hampir gila selama 2 tahun aku melawan rasa sakitku dan bertahan disini, apakah kamu tahu aq melawan rasa sesak didadaku saat melihat ibumu, apakah kamu tahu aku tak mampu melihat wajah anak ku saat ia menangis,apakah kamu tahu aq trauma akan setiap hal yg ia lakukan, apakah kamu tahu aq harus melawan diriku sendiri untuk tak melukai anak ku,apakah kamu tahu saat ica menangis yg aq lihat adalah ibu mu yg berkata”anak gak ditolong,,mati”saat ica menangis adalah hal tersulit dalam hidupku karna perasaan sakit itu membuat ku berjuang untuk melawan bayangan ibu mu atau anak q yg terlihat didepan ku saat itu, aq mendiamkan ica karna aq tak ingin menyakitinya,,saat dia lelah menangis aq datang menolongnya…dan aq akan tersadar dari kegilaan itu…

Umur 3 tahun,mama bertemu mbah jan…kita masih suka berkunjung kesana hanya sekedar menanyakan kabar dan mendamaikan hati mama dari berbagai hal yg membuat sesak di dada mama… dan bersama dengan itu sedikit demi sedikit menyembuhkan hati mama,dan kamu pun tak lagi menangis di malam hari…

Tapi hidup ini masih terus berlanjut nak,,salah paham dalam keluarga besar ini masih terus terjadi lagi dan lagi semua karna mbah yg tak mampu bersikap sebagai layaknya orangtua yang mampu mendamaikan keadaan,yang mampu memberi kasih sayang yg diharapkan… 

Mama menginkan kehidupan yg tenang,penuh cinta,dan mama sebenarnya benar2 ingin kehidupan yg harmonis dengan mertua… mama melupakan rasa sakit mama,tapi masih ada jarak diantara kami… mama tak lagi dendam tapi mama masih mengingat nya….

Moll jika sedang gajian….

Giant sun city Hampir setiap kali bapak libur atau kalo lagi abis gajian mbk ica selalu kemari bermain dengan modal 20rb sepuasnya…harga koin yang murah di banding di ram***na,li**o plasa yg menggunakan card.. menurut q kalo pakai card itu jauh lebih mahal..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Biasanya kita 2 jam disini…meski gak pernah beli aneh2,tapi lumayan lah buat nyenengin anak..tapi untungnya ica begitu ngerti kalo di bilangin.. gak pernah minta yang aneh2.. kalo makan,es krim,atau camilan pasti beli tapi dia gak pernah minta sepatu,baju atau yg lain2… dia hanya minta kalo aq atau bapak nya beli…ngikut doang,,,tapi kalo eskrim mcd sudah wajib beli disini…

 

Ini adalah hadiah peratama dari mesin time zone….liburan lebaran 2 juli 2017 di hari itu rencana lamaran om hari..persiapan lamaran sudah dimulai sejak jauh2 hari tapi masih ada aja yg kurang dan sekalian belanja akhirnya kita mampir ke giant,moll begitu ramai pengunjung, seperti biasa kamu main dengan maianan yg sama,tapi mama begitu tertarik dengan maianan yg memberikan hadiah boneka,ada sepasang kekasih yg mendapatkan boneka membuat mama begitu bersemangat, membayangkan mama yg pacaran dan diberikan hadiah itu..πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

1kali mencoba gagal,2kali kelewatan guntingnya,3kali gak bisa juga, perasaan kecewa mulai terlihat dimatamu,kamu mulai histeris dan hampir menangis,penjaga counter pun ikut histeris… dan bapak mencoba sekali lagi dan begitu klik boneka kucing jatuh…dan kamu memberi nama moli….dan penjaga counter ikut bersorak bahagia….

Dalam mainan ini  mengajarkan kita untuk tidak putus asa untuk mendapatkan apa yg kita inginkan,tak peduli berapa kali kita mencoba jika kita mampu belajar dari kesalahan kita akan mendapatkan apa yg kita inginkan….